Senin, 26 November 2012

Instalasi windows tanpa format

Windows kamu error. Harus diinstal ulang. Tapi banyak data yang harus diselamatkan pada drive tempat kamu menginstal Windows. Kamu mau melakukan clean instal tanpa memindahkan data yang ada di drive Windows. Bagaimana caranya?! Langsung menginstal ulang Windows dengan menimpa Windows lama?! Terlalu berisiko. Pindahkan data ke drive lain, kemudian format drive, lalu instal Windows?! Terlalu lama. Ada satu cara yang lebih aman dan juga tidak terlalu lama. Lalu, apa yang harus kita siapkan?! Pertama, sudah jelas CD installer Windows. Kedua, ini yang paling penting, Hiren Boot CD, LiveXP CD, atau CD lain yang bisa membaca dan menulis pada partisi FAT32 atau NTFS (tergantung format drive yang kamu punya). Berdasarkan pengalaman, lebih mudah melakukan cara ini dengan memakai LiveXP CD. Setelah semuanya siap, lakukan langkah2 berikut:

Masuk ke BIOS dan atur urutan booting (Boot Sequence) dengan CD sebagai First Priority. Lalu simpan (umumnya tekan F10).
Masukkan CD booting yang kamu pakai (sebagai contoh dipakai LiveXP), dan tunggu sampai masuk ke jendela Windows.
Jalankan program File Manager yang ada pada LiveXP
Rename tiga folder penting, yaitu:/Windows, /Program Files, dan /Documents and Settings.
Hapus semua file yang ada di root drive.
Booting kembali.
Keluarkan LiveXP dan masukkan instaler Windows.
Lakukan ritual penginstalan seperti biasa sampai dengan selesai.
Pindahkan data yang ada di folder /Documents and Settings yang telah direname ke folder /Documents and Setting yang baru.
Hapus tiga folder lama yang telah direname.
Selamat!! Windows baru telah terinstal dengan data yang selamat, sehat wal afiat.

0 komentar:

Posting Komentar

Frdshare site © 2008 Template by:
Farid Ardiansyah